Menampilkan Data dari Database ke Checklistbox Delphi

Dalam membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman apapun. salah satu hal utama yang harus kita miliki adalah sebuah ide dan kreatifitas selain itu tentu saja juga harus memiliki skil yang memadai. Berbicara tentang kreatifitas tidak luput dari trik-trik yang digunakan dalam membangun sebuah aplikasi. Trik-trik tersebut biasanya lahir dari masalah-masalah yang muncul saat sedang membuat aplikasi semisal menampilkan data dari database dengan teknik yang berbeda (bukan ke dbgrid) tapi ke komponen lain seperti label atau edit.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi sedikit trik bagaimana menampilkan data yang ada pada tabel database ke component check list box di delphi. Cara seperti ini juga bisa kita terapkan pada component delphi yang lain seperti label atau edit. Berikut adalah contoh data yang saya miliki pada tabel database.

Nah, untuk menampilkan data tersebut pada component check list box di delphi sebelumnya tentu saja kita harus melakukan koneksi terlebih dahulu saya anggap sudah tidak ada masalah karena saya tidak akan membahasnya disini.

Sederhana saja, pada gambar berikut saya memiliki sebuah komponen checklistbox, sebuah listbox,sebuah ADOTabledan sebuah button.

Klik pada form dan atur Events > OnShow
procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);
var i : integer;
begin
for i := 1 to ADOTable1.RecordCount do 
begin
checklistbox1.Items.Add(ADOTable1['NAMA POLSEK']);
ADOTable1.Next;
end;
end;

Berikutnya untuk mengambil value pada komponent checklistbox tersebut saya menambahkan script seperti berikut ini pada button
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var i : integer;
begin
listbox1.Items.Clear;
for i := 0 to checklistbox1.items.Count - 1 do
begin
if checklistbox1.Checked[i] = true then
begin
listbox1.Items.add(checklistbox1.Items.Strings[i]);
end;
end;
end;
0 Komentar untuk "Menampilkan Data dari Database ke Checklistbox Delphi"

 
Copyright © 2014 JL | Delphi - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info